Mengenal Hosting dan Domain

Teknologi merupakan hal yang mutlak harus dikejar agar kita dapat mengikuti perkembangannya yang semakin pesat. Kebutuhan informasi menjadi hal yang primer pada saat ini. Pemenuhan kebutuhan-kebutuhan ini tak lepas dari internet sebagai wadah penyampainnya. Salah satu penyampaiannya itu biasa disebut dengan website. Website sekarang sangat dikenal. Banyak orang yang berbondong-bondong belajar membuat website. Disini, saya akan member tips awal bagaimana membuat website dengan baik
Dalam pembuatan website kita akan mengenal Domain dan Hosting. Tahukah anda tentang Domain dan Hosting?? Berikut penjelasannya.

DOMAIN
Pada ilmu matematika, Domain diartikan sebagai tempat asal. Di Dunia maya pun kita mengenal Domain sebagai tempat dimana website anda berada. Domain dikenal juga sebagai alamat website. Di dunia maya terdapat banyak sekali Domain, untuk membedakannya domain harus mempunyai nama yang biasa dikenal dengan Domain Name. Pada Domain terdapat system klasifikasi Nama Domain.
• gTLD (generic Top Level Domain)
Domain ini dikelola oleh ICANN. Domain yang ada disini adalah .com, .net, .org, dan seterusnya.
• ccTLD (country code Top Level Domain)
Domain ini dikelola oleh admin yang dipilih oleh ICANN. Domain Indonesia dikelola oleh ID DOMREG. Contoh: .co.id, sch.id, dan seterusnya.
Pada domain, kita akan mengenal subdomain. Sub domain ini di buat dari domain induknya, sub domain dapat dikenali dari penulisannya yang di pisahkan oleh dot (titik). misalkan jika domain induk nengachi.com, kita bisa membuat bebagai sub domain seperti tole.nengachi.com. Jadi domain induknya adalah nengachi.com dan sub domainnya adalah tole.
Jangan lupa domain anda sebaiknya memiliki arti dan mudah diingat, jangan sekali-kali membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat. Domain dengan nama 4b4ng3n3ng.com akan susah diingat. Pilihlah juga domain yang mudah diucapkan, jadi apabila ada ibu-ibu yang sedang bergosip tentang website anda mereka dapat mengucapkan domain anda dengan benar.

HOSTING
Jadi pastikan anda membeli domain dengan benar. Setelah membeli domain, anda akan membutuhkan hosting sebagai tempat penyimpanan database website anda.
Dalam memilih hosting ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
1. Kapasitas: Anda perlu memperhatikan berapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.
2. Teknologi yang digunakan: perhatikan server yang digunakan dan apakah bisa mendukung database yang akan anda gunakan.
3. Support: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.
4. Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan.
5. Backup: Apakah hosting anda memiliki fasilitas membackup data anda setiap hari.
6. Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan.
Hosting ada bermacam-macam, yang paling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Free Hosting merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.
Karena anda sudah mengerti anda dapat memilih Hosting dan Domain dengan bijaksana.










0 komentar: